Workshop Evaluasi Kurikulum Fakultas Tarbiyah 2022

Sekira pukul 16.30 bus yang kami tumpangi berhenti tepat di depan hotel. Beberapa orang terlihat bersemangat, tak sedikit pula terlihat wajah sayu dan lelah. Kalau saya, jangan ditanya. Cuapeeekk sangat, penat, dan tidak menikmati perjalanan. Bahkan di kilometer terakhir saya merasa sedikit pusing dan mual.

“Ah, kita nikmati saja suasana di sini.” Itu hal pertama yang terus saya pikirkan.

Setelah meletakkan beberapa barang, dan shalat, beberapa dosen mengajak saya untuk menikmati welcome drink dan beberapa kudapan. Ternyata teman-teman yang berangkat dengan kendaraan sendiri terlihat bersantai di selasar hotel.

Saat bercengkerama dengan beberapa dosen, nampak sekilas sosok yang sangat saya kenal. Dari kejauhan nampak salah satu narasumber kegiatan ini berbincang dengan salah satu pegawai hotel di pinggir kolam. Spontan, saya langsung menghampiri beliau dan menyapa.

“Selamat datang Prof, kami siap menerima Ilmu dari Prof Joko Nurkamto”

Kamipun berbincang sedikit tentang pelaksanaan kurikulum MBKM di kampus. Sampai pada akhirnya saya sedikit menjelaskan ke Beliau perihal kegiatan evaluasi kurikulum ini. Selama ini saya hanya beberapa kali saja bertemu dengan beliau, baru kali ini bisa ngobrol lebih lama.

Acara dibuka tepat pukul 20.30, diawali dengan pembacaan ayat suci Quran yang dilantunkan dengan sangat indah oleh Pak Muhtarom. Kemudian disusul dengan sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah. Terakhir tentu saja sambutan dari Bapak Rektor Institut Agama Islam Negeri Kudus. Beliau menyampaikan bahwa kurikulum merupakan ruh utama pelaksanaan pendidikan. Kegiatan review kali ini diharapkan dapat menambal lubang yang ada dalam kurikulum yang dikembangkan oleh masing-masing program studi.

Sampailah pada agenda utama yaitu review kurikulum MBKM program studi di Fakultas Tarbiyah. Namun, saya sangat terkejut tatkala pembawa acara menyebut nama saya sebagi pemandu acara pada malam hari ini. Untungnya sore tadi saya sempat bertemu dan berbincang tentang materi yang akan disampaikan Prof Joko Nurkamto pada malam hari.

Ada banyak hal yang saya dapatkan pada malam hari ini. Rasanya, buku catatan saya akan penuh dengan materi-materi baru yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Dari apa yang disampaikan beliau, akhirnya saya dapat melihat kekurangan-kekurangan dari dokumen MBKM yang kami buat. Tidak sabar rasanya untuk mengikuti agenda yang berikutnya dengan narasumber yang berbeda besok pagi (Senin, 4 Juli 2022). Tentunya hal ini akan menambah wawasan saya dan tim terkait dengan dokumen MBKM yang kami miliki.

0 comments
2 likes
Prev post: Perjalanan Sunyi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.