Membumikan Mendeley Bersama Tadris Biologi IAIN Kudus

Ada rasa lega dan kebahagiaan saat kita berbagi dengan sesama. Hanya sedikit pengetahuan yang saya miliki semoga bisa bermanfaat.

Senang sekali rasanya ketika bertemu orang-orang baru, belajar hal baru, berbagi pengalaman dan berbagi ilmu. Pada Selasa (23 Mei 2023) kemarin saya mendapatkan kesempatan luar biasa untuk berbagi ilmu dengan para mahasiswa program studi tadris Biologi IAIN Kudus. 

Ini bukan kali pertama kegiatan pelatihan mendeley diselenggarakan oleh teman-teman mahasiswa tadris Biologi. Kegiatan pelatihan mendeley yang digagas oleh Bapak Kaprodi Tadris Biologi Achmad Ali Fikri, M. Pd merupakan salah satu kegiatan integral dari mata kuliah karya tulis ilmiah.

Satu hal yang tidak pernah berubah dari teman-teman prodi tadris Biologi adalah semangat untuk terus belajar. Saya melihat banyak wajah-wajah yang antusias untuk mencoba memanfaatkan aplikasi manajemen referensi. Setiap peserta sangat serius dan tidak patah semangat ketika menemui kendala saat praktik.

Kegiatan yang digelar di Gedung Micro Teaching Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus ini dimulai pada pukul 13.00. Kurang lebih tujuh puluh mahasiswa memadati ruangan yang tidak terlalu luas ini. Antusias luar biasa dari teman-teman mahasiswa tadris Biologi. 

Seperti biasa, saya menjelaskan mulai dari nol tentang penggunaan menejemen referensi mendeley. Dimulai dari pengorganisiran dokumen, dilanjutkan dengan editing metadata, memanen metadata, sampai dengan pengaplikasian mendeley pada microsoft word. Saya sengaja memberika kejutan dan bonus bagi teman-teman mahasiswa tadris Biologi, karena pada hari ini saya tidak membawa merchandise yang biasanya akan saya bagi-bagi kepada peserta yang aktif. Bonus yang saya berikan adalah tutorial singkat penggunaan aplikasi research rabbit. Aplikasi pencarian referensi yang sangat dibutuhkan bagi para akademisi. 

Sepanjang kegiatan teman-teman mahasiswa prodi tadris Biologi begitu serius saat mendengarkan penjelasan yang saya sampaikan. Kegiatan yang serius tapi santai ini juga dipenuhi dengan gelak tawa para peserta. Tak jarang saya selipkan beberapa humor agar mereka menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Setiap saya mendemonstrasikan teman-teman juga silih berganti saling bersahutan berdecak kagum akan kemudahan yang didapat ketika menggunakan menejemen referensi saat menulis. Well, this is unforgetable moment. I have to write it down to my personal website.

Salah satu hal yang bisa saya dapatkan dari kegiatan ini adalah semangat untuk terus belajar. Teman-teman mahasiswa prodi tadris Biologi menunjukkan hal itu kepada saya. Saya juga merasakan hal yang sama. Hari ini saat menulis artikel ini seolah diri saya dikelilingi pijar api yang menyala-nyala. Kalau sulit membayangkan, ingat-ingat aja adegan di film-film kartun. Ya seperti itulah yang saya rasakan sekarang.

Ada rasa lega dan kebahagiaan saat kita berbagi dengan sesama. Hanya sedikit pengetahuan yang saya miliki semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman prodi tadris Biologi. Semoga, semester depan saya masih diberikan kesempatan untuk berbagi dan bercerita.

0 comments
4 likes
Prev post: “Pengalaman Mengajar di Awal Bulan Puasa: Tantangan dan Strategi Mengakomodasi Kebutuhan Mahasiswa”Next post: Putar Balik Bagian Pertama

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.